Batu Mulia Chrysoberyl

Posted by Unknown Jumat, 27 Maret 2015 0 komentar
Batu Mulia Chrysoberyl - Batu chrysoberyl adalah batu yang termasuk langka. Batu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1789 oleh seorang ahli geology yang terkenal yaitu Abraham Gottlob Werner. Nama batu ini berasal dari nahasa Yunani, dari dua suku kata Chryso dan Beryl yang berarti emas dan hijau. Beberapa waktu batu ini pernah disebut juga sebagai batu Chrysolite, namun saat ini sebutan tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Batu Chrysoberyl meliputi beberapa jenis variasi batu. Namun yang secara spesifik digolongkan ke dalam jenis Chrysoberyl adalah batu yang memiliki warna transparan sampai tembus pandang dengan nuansa kekuningan sampai kehijauan. Beberapa jenis lain adalah Cat eye Chrysoberyl atau cymophane, jenis chatoyant dan Alexandrite.

Walaupun terdapat kata beryl dalam namanya, namun sebetulnya Chrysoberyl bukanlah termasuk golongan beryl. Golongan beryl secara kimia mengandung aluminium berylium silikat sedangkan crysoberyl secara kimiawi mengandung berylium aluminium oksida. Batu chrysoberyl sendiri termasuk ke dalam golongan batu mulia karena memiliki tingkat kekerasan 8,5 skala mohs, dengan densitas 3,70 sampai 7,78 dan indeks refraksi 1,746 sampai 1,763.

Dari segi warna, batu crysoberyl berwarna terang meliputi hijau ke kuning atau kuning emas menuju kehijauan dengan beberapa variasi coklat dan merah. Jenis chrysoberyl yang sangat langka berasal dari Tanzania dan Burma yang berwarna hijau kebiruan karena mengandung unsur vanadium.

Karena kualitas batu ini terletak pada warnanya, maka para seniman batu lebih senang memotong batu ini menjadi bentuk facet, potongan berlian, atau oktagon dan jarang yang dipotong ke dalam bentuk cabochon. Potongan jenis cabochon digunakan lebih bertujuan untuk menampilkan fenomena cat eye. 

Batu mulia chrysoberyl termasuk jenis batu yang langka, sehingga tempat asal batu ini juga sangat langka. Catatan yang menuliskan tempat asal batu ini meliputi negara Brazil, Myanmar, Sri lanka, Tanzania, Madagaskar, India, Pakistan, Rusia serta Zimbabwe. Dari beberapa negara yang tersebut tadi, jenis batu chrusoberyl yang sangat langka berwarna hijau kebiruan pernah ditemukan di Burma dan Tanzania.

Demikian informasi batu mulia chrysoberyl. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Batu Mulia Chrysoberyl
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/batu-mulia-chrysoberyl.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.