Cara Merawat Batu Fire Opal

Posted by Unknown Kamis, 23 April 2015 0 komentar
Cara Merawat Batu Fire Opal - Seperti halnya batuan jenis opal pada umumnya, batu fire opal juga memiliki sifat-sifat yang serupa dengan opal tersebut. Opal merupakan jenis batuan permata yang halus serta membutuhkan perawatan yang cukup intensif.

Ada dua hal mendasar mengapa opal harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak, pertama karena batu opal termasuk fire opal tentunya, hanya memiliki tingkat kekerasan 5,5 sampai 6,5 skala mohs. Dengan tingkat kekerasan yang rendah ini maka fire opal rawan terhadap keretakan akibat benturan. Yang kedua, fire opal mengandung air yang cukup tinggi hingga bisa mencapai kadar 30 persen. Hal ini menjadi faktor utama mengapa fire opal tidak boleh dibiarkan terlalu kering.

berikut adalah beberapa cara merawat batu fire opal :
  1. Jagalah batu fire opal agar tetap dalam kondisi lembab sehingga tidak menjadi dehidrasi. 
  2. Lepaskan perhiasan batu fire opal ketika kita kan melakukan pekerjaan yang berat. Hal ini untuk menhindari benturan yang mungkin terjadi pada batu sehingga membuat batu menjadi retak ataupun pecah.
  3. Bersihkan perhiasan batu opal anda dengan memakai air yang hangat dan kain lap yang sangat lembut. HIndari penggunaan cairan keras atau bahan kimia berbahaya karena opal sendiri tidak tahan dengan cairan tersebut.
  4. Apabila akan disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama, tempatkan batu fire opal dalam tempat tersendiri, dan jangan lupa berilah kapas atau kain basah dalam wadah tersebut untuk menjaga kadar air tetap baik.
Apabila batu fire opal anda mengalami keretakan yang cukup besar, maka lebih baik gantilah perhiasan batu opal anda dengan yang baru. Tidak banyak referensi yang menyebutkan bagaimana cara memperbaiki keretakan tersebut. Cara-cara yang dipakai hanya bersifat coba-coba dan tidak menjamin akan keberhasilannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menutupi keretakan tersebut adalah dengan menambahkan cairan resin ke dalam retakan batu fire opal tersebut.

demikian cara merawat batu fire opal. semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Merawat Batu Fire Opal
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/04/cara-merawat-batu-fire-opal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.