Jenis Batu Akik Pandan

Posted by Unknown Selasa, 24 Maret 2015 0 komentar
Jenis Batu Akik Pandan - Batu akik semakin banyak digali dan dicari macam dan jenisnya. Selain batu yang berasal dari luar negeri, hampir setiap daerah di penjuru nusantara sekarang sedang menggali potensi daerah masing-masing khususnya dalam hal batu akik. Sudah banyak batu akik yang ditemukan dan menjadi ciri khas masing-masing daerah tersebut. 

Salah satu batu akik yang menjadi ciri khas adalah batu akik pandan. Orang Betawi tentu sudah sangat familiar dengan batu akik yang satu ini. Batu akik ini sudah sangat lama dikenal dan sudah sejak lama pula dikenakan bahkan sejak masa pendudukan Belanda di Indonesia. Nama batu akik ini juga sangat unik yaitu pandan. Banyak yang menyebutkan batu ini diambil dari nama daun pandan karena memiliki warna yang mirip, namun ada referensi yang menyebutkan bahwa nama pandan berasal dari kata pendant yang berarti liontin. Hal ini karena batu ini biasanya dibentuk dalam ukuran besar dan digunakan sebagai liontin, tetapi dipakai juga sebagai mata cincin. Dari sinilah nama pandan itu muncul.

Batu pandan sendiri ada beberapa jenis. Berikut adalah jenis batu akik pandan yang saya tahu :
  1. Batu yang merupakan asal dari jenis batu pandan yang ada adalah batu pandan kapas. Batu ini berwarna putih dengan motif seperti gumpalan awan di bagian dalam batu.
  2. Batu pandan nanas. seperti juga nama yang tertera, batu ini memiliki warna kuning tua sampai agak kemerahan. 
  3. Batu akik pandan merah. batu ini dalam silsilah juga masih berada dalam garis batu pandan nanas.
  4. Batu pandan lumut. Warna batu adalah hijau seperti lumut, batu ini memerlukan proses yang lama sehingga warnanya menjadi seperti lumut.
  5. Batu pandan oli. 
  6. Batu pandan sutra. Mirip seperti pandan kapas, motifnya biasanya berbentuk serat yang melintang dari sisi kanan kiri
Demikian jenis batu akik pandan. Mohon maaf bila ada yang salah dalam tulisan ini. Niat baik kita adalah menyebarkan informasi seputar batu pandan. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jenis Batu Akik Pandan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/jenis-batu-akik-pandan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.