Ciri Khas Batu Badar Besi

Posted by Unknown Sabtu, 21 Maret 2015 0 komentar
Ciri Khas Batu Badar Besi - Batu badar besi atau secara internasional lebih dikenal dengan nama hematite adalah jenis batu akik yang secara kimia terdiri dari oksida besi. Sesuai dengan namanya, batu ini terdiri dari unsur besi. Karena kandungan logam besi inilah tidak mengherankan apabila batu badar besi memiliki indek gravitasi yang lebih tinggi dari korundum, zircon atau bahkan berlian. 

Secara internasional, badar besi lebih familiar dengan sebutan hematite. Kata ini diambil dari kosakata yunani yang memiliki arti darah. Jangan dikelirukan dengan bloodstone, karena bloodstone yang juga secara bebas dapat diartikan dengan akik darah merupakan jenis batu akik tersendiri. Badar besi ketika diiris menjadi bagian yang tipis-tipis akan menunjukkan warna merah seperti darah, hal inilah yang mendasari nama hematite tadi. Perlu diketahui juga bahwa batu akik darah atau bloodstone mendapat bercak-bercak warna merah juga sesungguhnya merupakan inklusi besi dalam batu kuarsa tersebut. Tanpa adanya inklusi besi tadi, batu akik darah tidak akan pernah menunjukkan tetesan warna merah.

Batu badar besi sangat mudah dibedakan dari batu lainnya. Batu jenis ini merupakan batu akik terpadat dibanding jenis batu akik lainnya. Ketika belum dipoles, warna yang tampak adalah warna merah kecoklatan. Namun setelah dipoles secara sempurna maka warna batu akan berubah menjadi berkilap khas logam. Walaupun merupakan batu yang mengandung banyak besi di dalamnya, ternyata apabila dilihat dari kekerasan batu, batu badar besi hanya setara dengan batu kalimaya atau batu pirus yaitu berkisar 5 sampai 6,5 skala mohs. 

Ciri Khas batu badar besi tentu saja dapat ditebak yaitu dapat menempel pada magnet. Namun kebanyakan orang sering keliru bahwa batu ini dengan serta merta akan menempel dengan sendirinya kepada magnet. Batu alami biasanya tidak dapat secara otomatis menempel kepada magnet. Baru setelah mengalami proses pemanasan dan pendinginan batu badar besi ini dapat menempel kepada magnet yang kuat.

Warnanya yang hitam khas logam membuatnya mudah dijadikan dalam berbagai bentuk perhiasan. Para perajin batu bisa dengan leluasa memotong batu menjadi bentuk cabochon, facet atau bentuk lainnya seperti hati. Dengan keluwesan modelnya, batu badar besi tidak hanya cocok digunakan oleh kaum lelaki saja namun juga banyak digunakan untuk perhiasan kaum wanita.

Demikian ciri khas batu badar besi. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ciri Khas Batu Badar Besi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/ciri-khas-batu-badar-besi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.