Proses Pemotongan Batu Pemata

Posted by Unknown Rabu, 04 Maret 2015 0 komentar
Proses Pemotongan Batu Pemata - Pernahkah terfikir dalam benak anda bahwa batu permata yang terpasang dengan manis di jari-jari anda sesungguhnya telah melalui proses yang panjang? Sebelum batu permata itu menjadi batu yang indah dan tampak sangat berharga, batu tersebut berwujud sebagai bahan batu yang mungkin saja akan dianggap sebagai batu biasa karena memang belum tampak keindahannya.

Setelah bahan batu tersebut didapat dari alam, bahan tersebut akan melalui serangkaian proses pemotongan batu permata. Proses tersebut tidaklah mudah dan tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Seniman yang terampil dalam proses ini kita sebut sebagai pengukir batu. Sebelum batu itu dipotong, batu tersebut akan diseleksi dan diamati dari sisi bentuk, jenis, warna, tingkat kekerasan serta jenis potoongan yang akan digunakan. Jangan sampai batu permata yang seharusnya menjadi batu yang sangat berharga justru menjadi batu biasa karena cara pemotongan yang keliru.

Proses selanjutnya setelah batu tersebut diseleksi adalah menentukan cara dan bentuk yang tepat serta ideal agar batu tersebut menjadi batu permata yang berharga. Bahan batu tersebut akan dipotong menggunakan gerinda batu, sehingga menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. disini sudah mulai tampak bayangan akan hasil batu yang dinginkan. Proses selanjutnya adalah menghaluskan batu yag masih kasar tadi dengan menggunakan gerinda yang sudah dilapisi dengan ampelas sehingga permukaan batu akan lebih teratur.

Proses terakhir sebelum batu selesai dikerjakan, adalah tahap pemolesan batu atau penghalusan batu tahap kedua. Setelah batu tersebut dihaluskan, batu tersebut masih memiliki permukaan yang kasar. Dalam proses pemolesan ini akan mengubah permukaan batu yang tadinya kasar menjadi mengkilap sehingga batu akan tampak berkilau dan terbebas dari goresan di permukaanya. Setelah serangkaian proses tadi selesai, maka bahan batu telah berubah menjadi batu permata dan siap untuk digunakan sebagai perhiasan. Proses pemotongan batu ini sangat tergantung kepada keahlian masing-masing pengukir bat. Pengukir batu yang berpengalaman dapat mengerjakan sampai enam batu dalam sehari. Bagi pengukir yang masih belajar, kadang-kadang satu orang hanya dapat mengerjakan sebagian proses dan sebagian lainnya hanya mdapat mengerjakan proses yang lainnya.

Demikian proses pemotongan batu permata. Semoga bermanfaat.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Proses Pemotongan Batu Pemata
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/proses-pemotongan-batu-pemata.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.