Cara Merawat Batu Kalsedon Agar Tetap Mengkilap

Posted by Unknown Minggu, 22 Maret 2015 2 komentar
Cara Merawat Batu Kalsedon Agar Tetap Mengkilap - Keindahan batu akik maupun batu mulia harus tetap dirawat agar nilai dari batu tersebut dapat tetap tinggi. Bagi golongan batu berwarna termasuk batu kalsedon, tentu saja kilauan kilap warna menjadi hal terpenting dari batu. Bisa dibayangkan btu kalsedon yang berkilau tentu akan sangat sangat berbeda dengan batu kalsedon yang kusam.

Batu kalsedon sebagian memilki warna biru menyerupai warna air laut. Batu ini termasuk dalam golongan kuarsa kriptokristalin. Warna yang muncul ada yang tembus oleh cahaya maupun ada yang tidak tembus cahaya. Namun yang tembus cahaya sepertinya lebih difavoritkan. Sebagai batu yang memiliki tingkat kekerasan 7 skala mohs, batu ini sangat ideal menjadi batu perhiasan. Tidak begitu keras sehingga cukup mudah bagi para pengrajin batu dalam pengolahan bahannya serta tidak terlalu lunak sehingga pemakai perhiasan tidak perlu takut batu akan mudah pecah.

Namun begitu perawatan warna batu harus tetap dilakukan. Berikut adalah cara merawat batu kalsedon agar tetap mengkilap :
  1. Mencuci batu secara rutin dalam kala waktu cukup setiap 2 sampai 3 minggu sekali. Pencucian cukup mudah dan hampir sama dengan cara mencuci batu lainnya yaitu dengan air hangat dan sabun yang lembut. Gosok menggunakan sikat halus kemudian dibilas sampai sisa sabun yang ada benar-benar hilang dan bersih. 
  2. Hindari terpapar sinar atau panas matahari secara langsung dan dalam waktu paparan yang lama. Hal ini karena batu kalsedon dapat menyerap warna sehingga apabila hal ini terjadi, lama-kelamaan justru warna kalsedon tersebut akan menjadi kusam.
  3. Hindarkan penyimpanan bersamaan dengan batuan lainnya khususnya batuan yang lebih keras. Benturan yang terjadi dapat menyebabkan goresan yang tentu saja bisa mengurangi kualitas warna.
  4. Seperti halnya point diatas, goresan juga dapat terjadi ketika terjadi benturan. Oleh  karena itu lebih baik cincin dilepaskan saja ketika akan melakukan ektivaitas yang berat.
Demikian cara merawat batu kalsedon agar tetap mengkilap. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Merawat Batu Kalsedon Agar Tetap Mengkilap
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/cara-merawat-batu-kalsedon-agar-tetap.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Putri Viona mengatakan...

Terima iasih infonya http://www.sinopsisfilm.net

Anonim mengatakan...

bnyak juga ya cara merawat batunya, makasih infonya, jadi saya lebih tau cara merawat batunya

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.