Cara Merawat Batu Ruby

Posted by Unknown Minggu, 15 Maret 2015 0 komentar
Cara Merawat Batu Ruby – diantara sekian banyak jenis batuan yang ada, batu ruby termasuk salah satu batu yang dapat digolongkan ke dalam jenis batu mulia. Batu ini jelas memiliki nilai serta kualitas yang lebih daripada sekedar batu akik biasa. Seperti kita ketahui bersama bahwa batu ruby memiliki kelas yang sam seperti hanya safir, turmalin, atau topas.

Penggolongan batu ruby ke dalam kelas batu mulia lebih berdasarkan sifat alami batu. Secara sederhana dapat dilihat dari tingkat kekerasan batu. Batu yang memiliki tingkat kekerasan dibawah 7 skala mohs disebut batu akik sedangkan batu yang memiliki kekerasan diatas 7 dalam skala mohs dapat digolongkan ke dalam batu mulia. Ruby memiliki tingkat kekerasan 9 skala mohs, nilai yang cukup tinggi untuk ukuran batu. 

Dilihat dari tingkat kekerasan saja, sebetulnya sudah bisa ditarik sedikit kesimpulan bahwa batu ini memiliki kekerasan yang lebih tinggi dibanding batu yang lain. Hal ini berarti pula sebetulnya batu ruby tidak memerlukan perawatan yang khusus karena hampir dapat dipastikan batu ruby tahan terhadap goresan. Akan tetapi  keindahan batu ruby terletak kepada kualitas kilau batunya. Untuk itu perawatan lebih ditujukan untuk menjaga warna agar tidak pudar.

Seperti halnya batu mulia lainnya, perawatan batu meliputi pencucian secara teratur mauupun metode penyimpanan yang tepat tetap harus dilakukan. Berikut adalah beberapa cara merawat batu ruby :

1.Bersihkan dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan agar debu-debu yang melekat dapat dengan mudah luntur dari batu.
2.Cuci dengan menggunakan sabun yang bersifat lembut serta menggunakan lap yang halus.
3.Bilas sisa sabun dengan air yang hangat sampai benar-benar bersih sehingga setelah kering tidak meninggalkan bekas sabun.
4.Hindari penggunaan cairan pembersih yang mempunyai sifat asam keras atau basa keras. 
5.Simpan di dalam kotak perhiasan dan usahakan terpisah dengan batu yang lain untuk menghindari terjadinya benturan.

Demikian cara merawat batu ruby. Semoga bermanfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Merawat Batu Ruby
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/cara-merawat-batu-ruby.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.