Tingkat Kejernihan Batu Permata

Posted by Unknown Kamis, 05 Maret 2015 0 komentar
Tingkat Kejernihan Batu Permata - Menentukan kualitas batu permata berdasarkan tingkat kejernihannya, lebih mudah dilakukan pada berlian. Untuk batu permata berwarna penilaian kualitas batu batu berdasar tingkat kejernihanya sedikit lebih rumit. Hal ini disebabkan pada batu permata berwarna, terkadang adanya inklusi yang terdapat di dalam batu justru sebagai indikator bahwa batu tersebut adalah batu yang asli. Sebagai contoh inklusi pada batu zamrud serta safir justru dicari karena menunjukkan keaslian batunya.

Walaupun begitu penentuan tingkat kejernihan batu permata khususnya batu berwarna tetap harus dilakukan meski memiliki variasi yang sangat beragam. GIA (Gemological Institute of America) mengklasifikasikan tingkat kejernihan batu permata menjadi 3 golongan yaitu:
  1. Tipe 1 yaitu batu permata yang terlihat jernih dan pada penglihatan dengan mata biasa sangat sulit atau hampir tidak mungkin ditemukan inklusi di dalamnya. Batuan yang termasuk ke dalam golongan ini diantaranya aquamarine, zircon biru, turmalin hijau, tanzanite, dan morganite.
  2. Tipe 2 yaitu batu tersebut masih terlihat jernih tetapi tidak sejernih tipe 1 karena terkadang masih dapat dilihat adanya inklusi di dalam batu tersebut. Batu permata tipe 2 ini diantaranya kecubung, ametrine, alexandrite, safir, ruby, zircon selain zircon biru, turmalin selain turmalin hijau serta garnet.
  3. tipe 3 yaitu jenis batu yang hampir dipenuhi dengan inklusi di dalamnya dan sangat jarang ditemukan batu tipe ini yang jernih. Tipe 3 ini termasuk didalamnya adalah batu zamrud, beryl merah serta turmalin semangka.
Mungkin ada cara lain untuk menentukan kejernihan batu permata berwarna, namun pada intinya dari semua metode yang digunakan tetap mengacu kepada sejauh mana kejernihan batu tersebut dan ada tidaknya inklusi yang dapat dilihat melalui penglihatan mata biasa atau dibantu dengan alat. 

Bagi anda para pecinta batu permata, pemahaman tentang kejernihan batu permata akan sangat diperlukan untuk meminimalkan kemungkinan adanya kekeliruan dalam menentukan jenis batu saat melakukan proses pembelian batu.

demikian sekilas tentang tingkat kejernihan batu permata. semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tingkat Kejernihan Batu Permata
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/tingkat-kejernihan-batu-permata.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.