Mengenali Kejernihan Batu

Posted by Unknown Rabu, 04 Maret 2015 0 komentar
Mengenali Kejernihan Batu - Nilai keindahan dari suatu batu ditentukan dari berbagai macam aspek. Ada atau tidak adanya aspek tersebut dapat menjadi dasar bagus serta tidaknya sebuah batu. Namun aspek tersebut juga bervariasi dari jenis batu dengan jenis batu lainnya. 

Istilah kejernihan batu mengacu kepada ada atau tidaknya retakan, cacat di dalam batu dan noda-noda yang ada di permukaan batu. Retakan, cacat atau noda ini ada yang memang merupakan proses alami, sehingga adanya retakan, cacat internal batu atau noda di bagian luar batu merupakan nilai tambah tersendiri bagi batu tersebut. Namun bagi sebagian jenis batu lainnya, adanya retakan, cacat atau noda justru akan mengurangi nilai batu baik dari segi keindahan atau dari segi nilai ekonomisnya. 

Sebagai contoh pada batu rubi burma dan rubi afrika. Pada batu rubi burma terdapat ciri khas didalam batu tersebut adanya noda-noda yang tidak dimiliki oleh batu jenis rubi afrika. Begitu juga berlaku hal sebaliknya batu rubu afrika juga memiliki noda dalam batu yang khas dan tidak dimiliki batuan rubi burma. Dalam hal ini adanya noda tersebut justru menjadi ciri khas batu yang dapat membedakan batu tersebut asli atau tidak.

Adanya celah atau retakan pada batu juga mempengaruhi kualitas batu. Apabila retakan cukup besar dan dapat terlihat dengan kasat mata, tentu hal ini akan menurunkan kualitas batu. Retakan yang jelas tadi akan mempengaruhi pergerakan cahaya yang datang melewati batu sehingga pada jenis batu berwarna, keindahan batu menjadi pecah serta terlihat kurang sempurna. Namun apabila retakan tersebut hanya kecil dan tidak tampak dengan kasat mata, maka hal tersebut tidak begitu mengurangi nilai batu tersebut.

Oleh karena hal tersebut diatas, sebelum melakukan transaksi pembelian batu ada baiknya memahami betul ciri-ciri batu berdasar kejernihan batu, ada tidaknya cacat atau noda pada batu tersebut. Apakah merupakan proses alami atau memang karena kerusakan.

Demikian sekilas info tentang mengenali kejernihan batu. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenali Kejernihan Batu
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/mengenali-kejernihan-batu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.