Ciri-ciri Batu Ruby Star Asli

Posted by Unknown Kamis, 19 Maret 2015 0 komentar
Ciri-ciri Batu Ruby Star Asli - Salah satu varian batu ruby yang cukup banyak dicari adalah ruby star atau ruby bintang. Seperti halnya batu ruby, warna merah violet tetap menjadi warna utama batu ini. Namun adanya efek asterism yang bisa ditampilkan ketika terkena cahaya menjadi ciri khas dari batu ruby star ini. 

Mengingat batu ruby termasuk ke dalam jajaran batu mulia, maka harga yang dibandrol pastinya tidak murah. Oleh karena itu bagi para calon pembeli batu haruslah jeli dalam menentukan apakah batu tersebut asli atau tidak. Ada beberapa istilah dalam dunia batu yaitu batu asli, batu sintetis, dan batu imitasi.

Batu asli adalah batu natural yang pembentukannya merupakan proses alami dan biasanya memakan waktu yang sangat lama. Batu sintetis adalah batu yang telah dilakukan proses tertentu oleh campur tangan manusia. Karena batu sintetis juga berbahan dasar batu, maka menentukan keaslian batu dengan cara dibakar tidak dapat dilakukan untuk menentukan apakah batu ini asli atau tidak. Jenis istilah lain adalah batu imitasi. Untuk jenis yang satu ini perlu dingat baik-baik karena bahan dasar yang digunakan bukan berasal dari batu namun biasanya terbuat dari plastik. Bahan imitasi ini tentu saja akan meleleh ketika dibakar. 

Pada batu ruby star, beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menentukan apakah asli atau tidak. Berikut hal yang menunjukkan ciri-ciri batu ruby star asli :
  1.  Dilihat dari namanya, bayangan kita tentu akan langsung mengarah kepada fenomena efek asterism tadi. Batu ruby star akan menunjukkan efek ini berupa garis-garis yang membentuk bintang berpusat pada bagian tengah batu. Cabang yang terbentuk bisa bervariasi biasanya adalah 6, dan paling baik abalah 12 cabang namun sangat jarang ditemukan.
  2. Seperti halnya golongan batu ruby, batu ruby star juga memiliki tingkat kekerasan batu 9 skala mohs. Ini bisa saja menjadi ciri penting batu ruby star asli, mengingat tidak banyak batu memiliki tingkat kekerasan seperti ini. selain itu dari indek refraksi batu yang berkisar 1,762 sampai 1,778.
  3.  Dari segi warna adalah merah keunguan berdasarkan kandungan kromium dan besi. 

Demikian ciri-ciri batu ruby star asli. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ciri-ciri Batu Ruby Star Asli
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/ciri-ciri-batu-ruby-star-asli.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.