Cara Merawat Batu Pirus (Turquoise)

Posted by Unknown Minggu, 01 Februari 2015 0 komentar
Cara Merawat Batu Pirus (Turquoise) - Tidak ada yang menyangkal tentang keindahan batu pirus. Warna biru yang khas bersinar diselingi serat-serat berwarna warni hitam, coklat atau serat emas membuatnya menjadi batu yang sangat mudah dikenali. Karena keindahan warnanya inilah batu pirus menduduki kelas sebagai batu mulia kelas atas. 

Warna batu pirus sendiri sangat bervariasi. Namun secara umum terdapat tiga warna yang paling banyak ditemukan yaitu biru langit, biru kehijau-hijauan, serta warna hijau apel. Demikian halnya dengan serat batu pirus juga bermacam-macam, ada yang berserat hitam, ada yang coklat dan yang paling banyak dicari adalah yang berserat kuning emas. Warna serat di batu pirus itu sendiri dipengaruhi oleh kandungan mineral di dalam batu pirus tersebut.

Batu pirus ini termasuk batu yang tidak terlalu keras dalam arti kata lain batu yang lunak atau lembut. hal ini disebabkan karena dia hanya memiliki tingkat kekerasan batu 5 sampai 6 skala mohs. Untuk itu beberapa hal yang perlu diperhatikan agar batu pirus ini tetap terjaga dengan baik. Perawatan batu pirus ditujukan untuk menjaga batu tidak pecah dan perawatan kepada warna batu agar tidak kusam. berikut ini adalah cara merawat batu pirus (turquoise) :
  1. Karena termasuk batu yang cukup lembut berdasar tingkat kekerasan batunya, maka berhati-hatilah dalam menggunakan batu ini. Lepaskan cincin ini ketika hendak melakukan aktivitas fisik  atau pekerjaan yang berat karena benturan pada batu dapat menyebabkan butu retak bahkan pecah.
  2. Untuk menjaga warna batu tetap mengkilat dan tidak kusam, perawatan batu sederhana saja. cukup dibersihkan dengan diusap menggunakan minyak atau dicuci dengan air sabun secara berkala setiap 2 minggu sekali atau setiap bulan.
  3. Apabila tidak dipakai, maka simpanlah batu pirus ini ditempat yang sejuk agar abtu tidak menjadi kering sehingga mudak retak. Tetapi jangan lupa untuk tetap membersihkan batu seperti poin 2 diatas agar batu tidak menjadi kusam.
Demikian cara merawat batu pirus (turquoise). semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Merawat Batu Pirus (Turquoise)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/02/cara-merawat-batu-pirus-turquoise.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.