Mengenali Istilah Karat Batu Permata

Posted by Unknown Senin, 02 Maret 2015 0 komentar
Mengenali Istilah Karat Batu Permata  - Tentu kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah karat. Begitu mendengar kata ini bayangan kita tentu saja akan langsung tertuju kepada sebuah perhiasan yang terbuat dari emas. Memang istilah karat sangat lekat terhadap emas karena kata ini melambangkan sebaik apa tingkat kemurnian dari emas tersebut. Akan tetapi tidak hanya emas saja, istilah karat juga sering digunakan dalam dunia batu permata. Setiap penjual batu mulia pasti akan menampilkan ukuran karat dari masing-masing batu yang dijualnya.Dan yang sedikit membingungkan, istilah karat untuk batu permata berbeda makna dengan istilah karat pada emas.

Kata karat berasal dari bahasa Yunani "kaerateeon" yang memiliki arti biji Carob. Pada masa itu biji carob digunakan untuk menghitung secara tepat berat emas maupun batu permata. Biji carob ini dipilih karena biji ini memiliki ukuran dan berat yang hampir sama pada setiap bijinya. Dari sini pula muncul istilah emas 24 karat, karena pada saat itu satu koin emas murni memiliki berat sebanding denagn 24 biji carob. Pada masa sekarang ini karat sudah memiliki arti berbeda, yaitu ukuran baku yang sejak tahun 1907 sudah disepakati dan didefinisikan sebagai berat 200 mg. Pada pengukuran berlian, satu karat dapat dibagi lagi menjadi 100 poin.

menurut klasifikasi karat, emas digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu 24 K yaitu emas murni, 18 K yaitu 75% murni, dan 12 K yaitu 50% murni. Hal ini kemudian dikonversikan kembali menjadi bagian perseribu, yaitu 22K setara dengan 916 artinya 91,6% murni. Sistem ini sebetulnya untuk memudahkan masyarakat untuk menilai secara cepat dan mudah tingkat kemurnian emas yang ditawarkan.

Dalam dunia batu mulia, karat tidak lagi melambangkan tingkat kemurnian batu. Hal ini dikarenakan setiap batu memiliki tingkat kepadatan serta berat jenis yang bervariasi. Tentu saja apabila karat menunjukkan tingkat kemurnian, maka akan sangat membingungkan. Karat untuk batu mulia lebih melambangkan kepada berat batu. Ada juga yang mengukur berat batu dalam kadar Rati. Sedangkan 1 rati setara dengan 182 mg. Berdasarkan hal ini akan menjadi maklum ketika kita membeli 2 jenis batu yang berbeda, dan ukuran karatnya sama, namun batu yang satu akan lebih besar dibanding dengan batu yang satunya. 

Demikian cara Mengenali istilah karat batu permata. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenali Istilah Karat Batu Permata
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/mengenali-istilah-karat-batu-permata.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.