Jenis Potongan Batu Permata

Posted by Unknown Minggu, 08 Maret 2015 0 komentar
Jenis Potongan Batu Permata - Batu permata mungkin pada awalnya tidak seindah yang kita lihat ketika masih berbentuk bahan batu. Setelah mengalami serangkaian proses pemotongan dan pemolesan, maka bahan batu tersebut akan berubah menjadi batu yang berharga dan bahkan sangat berharga hingga apabila dinominalkan bisa sampai jutaan atau ratusan juta mungkin miliaran harganya.

Batu permata yang telah jadi dan siap untuk dipakai dalam perhiasan, telah dibentuk sedemikian rupa sehingga tampak lebih elegan saat digunakan. Terdapat berbagai macam bentuk batu permata, namun batu permata khususnya cincin biasanya memiliki bentuk potongan salah satu diantara bentuk berikut. 

Jenis potongan batu permata yang lazim dgunakan untuk cincin adalah sebagai berikut:
  1. Bentuk potongan berlian. Bentuk ini sangat cocok untuk digunakan untuk batu berwarna. Jenis potongan ini akan memaksimalkan refraksi cahaya ketika melalui batu sehingga cahaya akan terpantul secara maksimal. Potongan jenis ini berbentuk sedikit oval yang bertujuan untuk memkasimalkan berat karat batu.
  2. Bentuk potongan persegi. Jenis ini akan membentuk batu kearah persegi empat, dengan bagian datar di atas dan dan sedikit menyudut di bagian dasar batu.
  3. Bentuk potongan campuran. Hampir seperti potongan berlian, namun biasanya jenis potongan ini memiliki bentuk yang bervariasi. Salah satu bentuk favorit dari potongan ini adalah bentuk hati.
  4. Bentuk cabochon. Mungkin bentuk ini adalah bentuk yang paling banyak dijumpai. Batu dengan potongan ini memiliki permukaan yang halus di sisi atas maupun bawah. Bagian bawah biasanya lebih datar daripada permukann atasnya. Jenis potongan ini bisa berbentuk bulat maupun oval. Potongan ini sering digunakan untuk menampilkan efek mata kucing, atau kilau bintang. 
Jenis potongan tersebut tidak secara kebetulan dibuat. Potongan yang akan dipakai akan disesuaikan dengan jenis batu permata. hal ini dilakukan oleh para seniman batu permata semata-mata untuk memaksimalkan keindahan yang bisa dipancarkan oleh batu tersebut sehingga batu bisa mencapai harga juan yang tinggi. Demikian jenis potongan batu permata. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jenis Potongan Batu Permata
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/jenis-potongan-batu-permata_8.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.