Cara Merawat Batu Citrine

Posted by Unknown Senin, 09 Maret 2015 0 komentar
Cara Merawat Batu Citrine - Batu citrine semakin hari semakin banyak digemari. Karena warna batu yang menawan penuh kilauan emas batu ini sangat cocok digunakan sebagai perhiasan sehari-hari. Selain daripada itu seperti halnya jenis batu batu kuarsa lainnya, batu citrine juga tergolong batu yang cukup kuat sehingga relatif tahn terhadap berbagai macam perlakuan. Batu ini banyak digunakan sebagai liontin, bros, dan tentu saja cincin. Batu ini juga disukai oleh para pengrajin batu karena memiliki fleksibilitas dalam hal bentuk. Jenis potongan apapun bisa dibuat dan tetap menampilkan keindahan dari citrine tersebut.

Kebanyakan batu citrine yang tersedia di pasaran saat ini adalah batu hasil proses pemanasan. Warna yang muncul dihasilkan dari proses menghilangkan residu besi dari batuan sebelumnya. Karena proses ini adalah hasil perlakuan manusia dan bukan dari alam maka banyak sumber yang mengatakan bahwa warna citrine sudah merupakan bentuk permanen atau stabil. Oleh karena itu tidak perlu khawatir akan memudarnya warna batu citrine ini. 

Berdasarkan sifat-sifat batu citrine, sebetulnya tidak diperlukan perawatan yang khusus untuk menjaga agar batu citrine tetap terjaga. Walaupun begitu beberapa hal juga tetap perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara merawat batu citrine:
  1. Hindari penggunaan batu citrine dengan batu lainnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan gesekan antar batu sehingga dapat menggores permukaan batu. Dikatakan batu citrine cukup keras, akan tetapi beberapa jenis batu masih dapat menggores batu citrine ini seperti batu berlian, topas, dan safir.
  2. Lepaskan perhiasan ketika hendak melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga dan lain sebagainya. 
  3. Bersihkan batu citrine dengan sabun yang lembut dan menggunakan air yang hangat. Gosok dengan menggunakan kain yang halus dan bersih juga. Setelah bersih bilas dengan air yang masih hangat untuk enghilangkan sisa-sisa sabun yang masih tertinggal dalam perhiasan.
  4. Hindari menggunakan cairan pembersih yang bersifat keras seperti cairan pembersih untuk lantai. Ditakutkan penggunaan cairan tersebut akan membuat warna menjadi kusam.
  5. Simpan dalam wadah yang tertutup dan kering. Hindari kontak dengan cahaya atau sinar matahari secara langsung dan dalam kurun waktu yang lama.
Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara merawat batu citrine. semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Merawat Batu Citrine
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/03/cara-merawat-batu-citrine.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.