Batu akik Fire Opal

Posted by Unknown Rabu, 22 April 2015 0 komentar
Batu Akik Fire Opal - Fire opal termasuk batu yang karena keindahannya dapat digolongkan ke dalam jenis batu permata. Batu ini seperti halnya golongan opal lainnya, juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Namun sedikit perbedaan dengan jenis fire opal, batu ini tidak dapat menunjukkan permainan warna. Warna yang khas untuk batu fire opal adalah warna oranye walaupun tidak jarang ada yang berwarna putih atau coklat.

Seperti halnya golongan batu opal lain, batu ini mengandung sekitar 3 atau 10 persen bahkan bisa mencapai 21 persen kandungan air di dalamnya. Secara kimiawi, batu ini terdiri dari silikon dioksida terhidrasi. Memiliki tingkat kekerasan yang cukup rendah yaitu 5,5 sampai 6,5 skala mohs. Oleh karena kandungan air serta tingkat kekerasannya, maka batu ini sebetulnya cukup rentan terhadap keretakan bahkan pecah.

Nama batu akik fire opal sebetulnya diambil dari efek pancaran seperti api yang dihasilkan oeh batu ini. Warna fire opal sendiri sebetulnya bisa bermacam-macam variasi, berkisar oranye sampai kecoklatan. Warna terbaik biasanya merupakan perpaduan dari warna merah dan oranye.  Karena aspek warna ini, batu fire opal sebetulnya lebih cocok dipotong secara facet daripada bentu cabochon. Namun pada fire opal yang memiliki warna merah kecoklatan, potongan cabochon lebih disukai untuk menampilkan efek kilau api. Karena warnanya yang tidak menunjukkan efek permainan warna seperti opal lainnya, waktu yang tepat untuk melihat keindahan batu fire opal adalah setelah matahari terbit atau sebelum matahari tenggelam. Warna fire opal juga hampir mirip dengan warna akik bio solar, sehingga banyak yang mengkelirukan batu fire opal dengan batu bio solar.

Batu akik fire opal sangat identik dengan mexico karena memang batu ini sangat banyak ditemukan di negara ini. Namun begitu beberapa lainnya juga ternyata menghasilkan batu fire opal ini seperti Guatemala, Australia, Amerika dan Brazil. Indonesia juga bisa dikatakan sebagai prodsen batu fire opal. Batu ini di Indonesia banyak dihasilkan dari daerah Wonogiri lebih tepatnya di daerah Tirtomoyo.

Demikian info mengenai batu akik fire opal. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Batu akik Fire Opal
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hobibatuakik.blogspot.com/2015/04/batu-akik-fire-opal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Email | Copyright of Informasi Seputar Batu Akik.